6 Rahasia dan Keutamaan Shalat Dhuha

Posted: 11/02/2011 in Sholat

Rahasia dan Keutamaan Shalat Dhuha – Shalat duha merupakan salah satu diantara shalat-shalat sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Banyak sekali penjelasan hadits yang telah menyebutkan berbagai keutamaan dan keistimewaan shalat Dhuha bagi siapa saja yang melaksanakannya. Berikut ini adalah beberapa hadits Rasulullah Muhammad saw yang menceritakan tentang keutamaan shalat Dhuha, di antaranya:

1. Sedekah bagi seluruh persendian tubuh manusia

Dari Abu Dzar al-Ghifari ra, ia berkata bahwa Nabi Muhammad saw bersabda:

“Di setiap sendiri seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha diberi pahala” (HR Muslim).

2. Ghanimah (keuntungan) yang besar

Dari Abdullah bin `Amr bin `Ash radhiyallahu `anhuma, ia berkata:

Rasulullah saw mengirim sebuah pasukan perang.
Nabi saw berkata: “Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!”.

Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya).

Lalu Rasulullah saw berkata; “Maukah kalian aku tunjukkan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah (keuntungan) nya dan cepat kembalinya?”

Mereka menjawab; “Ya!

Rasul saw berkata lagi:
“Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dia lah yang paling dekat tujuanannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.” (Shahih al-Targhib: 666)

3. Sebuah rumah di surga

Bagi yang rajin mengerjakan shalat Dhuha, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di dalam surga. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits Nabi Muahammad saw:

“Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami`: 634)

4. Memeroleh ganjaran di sore hari

Dari Abu Darda’ ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw berkata:

Allah ta`ala berkata: “Wahai anak Adam, shalatlah untuk-Ku empat rakaat dari awal hari, maka Aku akan mencukupi kebutuhanmu (ganjaran) pada sore harinya” (Shahih al-Jami: 4339).

Dalam sebuah riwayat juga disebutkan: “Innallaa `azza wa jalla yaqulu: Yabna adama akfnini awwala al-nahar bi’arba`i raka`at ukfika bihinna akhira yaumika”

(Sesungguhnya Allah `Azza Wa Jalla berkata: “Wahai anak Adam, cukuplah bagi-Ku empat rakaat di awal hari, maka aku akan mencukupimu di sore harimu”).

5. Pahala Umrah

Dari Abu Umamah ra bahwa Rasulullah saw bersabda:

“Barang siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib, maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barang siapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan `umrah…” (Shahih al-Targhib: 673).

Dalam sebuah hadits yang lain disebutkan bahwa Nabi saw bersabda:

“Barang siapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna..” (Shahih al-Jami`: 6346).

6. Ampunan Dosa

“Siapa pun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR Tirmidzi).

Semoga sedikit kutipan mengenai Rahasia dan Keutamaan Shalat Dhuha ini bisa membuat kita lebih giat lagi dalam menjalankan shalat dhuha, dan bagi yang belum melaksanakannya bisa memulai untuk menjalankannya… Aamiin…

Sumber: http://anfaku.biz/rahasia-dan-keutamaan-shalat-dhuha

http://jihadsabili.wordpress.com/2011/11/01/6-rahasia-dan-keutamaan-shalat-dhuha/

About these ads
Komentar
  1. edi mengatakan:

    Seingat saya, saya baru 1 kali mengerjakan sholat dhuha sampai dgn detik ini.. :(

    dan semoga setelah membaca ini saya lebih bisa meluangkan waktu buat mengerjakan sholat dhuha. Amiin.. :)

  2. rafaqo mengatakan:

    smoga Allah memudahkan kita utk melaksanakan solat dhuha…aamiin

    salam kenal…
    terimakasih dah mampir

  3. Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan:

    dengan membaca postingan ini, semoga diri ini semakin senang dalam melakukan shalat Dhuha
    makasih banyak ya Mas.

  4. diketik mengatakan:

    Kunjungan rutin ke blog ini… hehehe :)
    Saya Abed Saragih mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha

    ditunggu kunjungan dan komentar baliknya :)
    salam persahabatan :)

  5. sartamb mengatakan:

    doa dan bacaan sesudah shalat duha apa yah?

    • rafaqo mengatakan:

      ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHALIHIN.

      Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

      http://athay.wordpress.com/2008/07/02/doa-sholat-dhuha-doa-rezeki/

  6. yn mengatakan:

    Semoga menjadi pedoman untuk menjalani hidup lebih baik ….

  7. yn mengatakan:

    Semoga jd pedoman untuk hidup yg lebih bermanfaat

  8. antock mengatakan:

    alhamdulillah q jg br bz mulai sholat dhuha pd pagi td
    rasanya begitu tenang bisa mulai hari dg sholat

    • rafaqo mengatakan:

      alhamdulillah….
      smoga Allah selalu memudahkan kita utk melakukannya…aamiin

      makasih ya dah mampir…

  9. Abdul mengatakan:

    mdh2 kt semua istiqomah mnjnlnkn sholat sunnah dhuha..

  10. ridobrown mengatakan:

    saya… baru sekali melakukan sholat dhuha…. :(, syukron dah mampir ke wordpress saya… :)

  11. enhaberkarya mengatakan:

    Sipp banget neh,
    Gan, izin kopi y

  12. agateszjovi mengatakan:

    Shangat Dian yg menyinari. ^^

  13. Muhaimin mengatakan:

    Ass. Punten numpang share. Terimakasih

  14. […] shalat dhuha, dan bagi yang belum melaksanakannya bisa memulai untuk menjalankannya. Aamiin. (BerbagaiSumber) -6.584197 110.572997 Bagikan ini:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this. […]

  15. aditya mengatakan:

    kemaren2 saya sholat dhuha jarang,akan tetapi sekarang saya setelah membaca penjelasan mengenai sholat dhuha makna dan ke utamaannya,menjadi saya lebih semangat untuk mengerjakn sholat dhuha….mulai skrng dan detik ini saya akan rajin dan setiap hari ,untuk ,mengerjkan sholat sunat dhuha…insaysa~alah…..amien……

    • rafaqo mengatakan:

      alhamdulillah……
      smoga Allah memudahkan kita utk istiqomah dalam ibadah walaupun kecil asal kontinyu

      terimaksh dah mampir…
      salam kenal…

  16. ika mengatakan:

    Alhamdulillah…. tempat saya bekerja tidak mempersulit kita – kita untuk sholat sunat lainnya, salah satunya sholat dhuha. dan alhamdulillah saya melaksanakan sholat dhuha tapi cuma 2 rakaat aja. karena saya melaksanakannya pagi sebelum melaksanakan tugas2 saya. itu gimana? pengen sih nambah rakaat ya tapi waktu ya………..

    • rafaqo mengatakan:

      sesuai dengan kesanggupan aj….
      seperti sabda Rasulullah

      وَإِنَّ أَحَبَّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ مَا دَامَ وَإِنْ قَلَّ

      Dan sesungguhnya amal yang paling dicintai Allah adalah yang terus menerus meskipun sedikit. (Muttafaq ‘alaih)

      trimaksih dah mampir…salam kenal…

  17. putery mengatakan:

    mgkn sya terlmbt melihat halmn nech,tp stelah sya baca ternyata bnyk manfaat yg bsa di ambil,dengan ada nya shlat dhuha,biasa nya sya jarang skli melaksnakn shlt dhuha,stelah membca 6 rahasia dan keutamaan shlt duha nech,saya termotivasi untk smkin rajin lagi mengerjakan shlat dhuha,,,
    mksh ea ……

  18. edwin_lagee mengatakan:

    saya baru sekali ngejalanin sholat duha,.
    pengen bisa terus2an ngjalanin sholat duha, tapi gabisa bangun nya kesiangan mulu….

    • rafaqo mengatakan:

      subhanalloh….smoga Allah memdudahkan kita utk selalu solat dhuha…aamiin…

      salam kenal…
      maksih dah mampir

  19. rizalachil mengatakan:

    buat sejarah yang mengasikan dong tentang sahabat ataupun peristiwa terdahulu?”

    • rafaqo mengatakan:

      insyaAllah….
      buku tentang sahabat rasul si ud punya…
      tp blon sempet nuliss he he he…

      mksh dah mampir

      salam kenal

  20. novisusilawati mengatakan:

    subhanallah bagus banget artikelnya
    boleh lebih detail lagi ga????

  21. novisusilawati mengatakan:

    maaf maksud saya ,saya mau anda menjelaskan tentang solat tahajud

  22. gus farid mengatakan:

    haqqul yakin bisa dapat seperti yang kita butuhkan bila sholat dhuha ini dilakukan dengan istiqomah, @ karena itu yang selalu aku alami coba dan rasakan, nikmatnya amin