Buah atau daun yang bisa digunakan untuk mengendalikan kadar gula

Posted: 08/02/2011 in Kesehatan

Sehabis membahas labu parang dan diabetes, aku jadi tertarik untuk juga membahas bahan makanan lain yang bisa digunakan untuk mengendalikan kadar gula yang merupakan sumber dari penyakit diabetes. Aku memang bukan masuk kategori orang dengan kadar gula tinggi tapi justru sebaliknya, kadar gulaku rendah, lebih rendah dari batas minimum setelah puasa. Tapi kata temanku ang dokter itu bukan masalah, dan aku yakin bukan masalah karena memang aku tidak pernah merasakan maslah dengan kadar gula, semoga akan seperti iti seterusnya. Amin.

Meski kadar gulaku rendah, tetapi karena kebanyakan kolega ataupun kenalan banyak yang mempunyai dengan kadar gula tinggi, aku ingin berbagi secuil pengetahuan yang kumiliki tentang bahan murah meriah yang bisa digunakan untuk mengendalikan kadar gula. Ayahku pernah mengatakan kalau kadar gulaku rendah karena tidak suka makanan manis, dan aku suka sayuran dari pare/paria maupun daun pepaya yang pahit itu. Aku tidak tahu kebenaran kata ayahku secara medis karena ayahku bukan orang medis, tetapi beberapa artikel menyebutkan manfaat paria/pare bagi penyandang diabetes.

Kalau pas bertugas ke wilayah Jawa Tengah, aku biasa mampir sebuah warung makan didepan terminal Blabak, dengan menu andalan yang kucari adalah oseng pare, oseng daaun kates dan buntil didampingi segelas jeruk panas, rasanya nikmat sekali….apalagi ngebayangin makanan ini saat siang-siang begini dibulan Ramadhan…duccchhh nikmatnya.

Mengonsumsi makanan berikut, yang diketahui dapat menurunkan kadar gula dalam darah, seperti dilansir dari Idiva.com .
1. Pare
“Jika Anda mengalami diabetes tipe 2, Anda harus minum jus pare setiap hari. Mengonsumsi buah pahit ini dapat mengurangi kadar gula dalam darah. “Baiknyadiminum pagi hari,” kata dr T Devarajan dari rumah sakit Apollo, di Chennai, India.
2. Fenugreek
Dibandingkan pare, rasa pahit fenugreek memang lebih rendah.Tetapi memiliki efek sama sebagai penurun kadar gula dalam darah. Anda bisa menambahkan daun atau biji fenugreek dalam masakan.
Bisa juga meminum air bekas rendamannya. “Dianjurkan merendam satu sendok teh biji fenugreek dalam segelas air selama semalam. Saring, lalu minum airnya pada pagi hari,” kata dr Deepali Shastri, ahli pengobatan Ayurveda asal Mumbai.
3. Aloe Vera
Gel tanaman yang populer dengansebutan lidah buaya ini sudah lama diandalkan sebagai obat diabetes. “Campur setengah sendok teh daun salam yang telah dihancurkan, setengah sendok teh kunyit bubuk dan satusendok teh alovera,” kata dr Deepali.
Aduk campuran itu hingga rata dan konsumsi saat makan siang dan makan malam untuk membantu mengontrol gula darah.
4. Daun basil
“Ambil segenggam daun basil, lalu hancurkan. Campur daun yang telah dihancurkan dengan segelas air. Saring, lalu minum pada pagi hari,” kata dr Deepali.
5. Daun mangga
Daun mangga juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Siapkan tiga hingga empat lembar daun mangga yang sudah dibersihkan. Diamkan selama satu malam dalam rendaman air, dan minum esok harinya.

Semoga bermanfaat

http://purwatiwidiastuti.wordpress.com/2011/08/02/buah-atau-daun-yang-bisa-digunakan-untuk-mengendalikan-kadar-gula/

Komentar ditutup.