Teroris Kristen Norwegia Terbukti Terkait dengan Ide Knight Templar Modern

Posted: 07/28/2011 in Lain-lain

Sebelum melakukan serangan yang menewaskan puluhan orang di Norwegia, teroris Kristen Anders Behring Breivik menulis tentang kesetiaannya kepada Ksatria Templar (Knight Templar), yang digambarkan sebagai sebuah masyarakat rahasia yang diciptakan untuk melakukan perang salib melawan Islam di Eropa.

Sementara lembaga penegak hukum mengatakan bahwa mereka belum pernah mendengar adanya kelompok tersebut, seorang pria bernama Paul Ray, yang menulis sebuah blog anti-Muslim yang disebut “Lionheart,” mengatakan kepada Associated Press bahwa kelompok itu memang ada dan ia adalah salah satu pendirinya.

Tapi dia menyangkal adanya kontak dengan Breivik dan mengutuk tindakannya – tapi tidak untuk ide-idenya.

Dalam manifesto setebal 1.500-halaman, Breivik mengklaim kelompok baru ini diciptakan pada pertemuan di London pada tahun 2002 dan mengatakan mentornya adalah seorang pria bernama “Richard (The Lionhearted).”

Dia tidak memberikan nama asli Richard, tetapi anggota kelompok sayap kanan Inggris mengidentifikasi sebagai Ray.

Ray, yang berada di Malta, di mana dia sekarang tinggal, membenarkan adanya kelompok ekstremis anti-Islam yang terinspirasi oleh Knights Templar, Tentara Salib yang bertujuan untuk memerangi Islam. Namun dia mengatakan Breivik tidak terkait dengan itu.

Dan sementara ia mengatakan bahwa ia memiliki pandangan anti-Muslim, namun ia tidak tahu Breivik dan tidak mengutip manifestonya atau mengetahui “mentor” Breivik.

“Pikiran saya adalah sama … bahwa ada ancaman terhadap cara hidup kita dari Islam,” kata Ray.

Pembalap Inggris yang berusia 35 tahun ini sering mengemban pandangan serupa dengan Breivik di blog anti-Muslimnya, yang judul blognya adalah referensi ke Raja Richard I dari Inggris, yang memimpin Perang Salib Kristen pada abad ke-12 dan dikenal sebagai Richard si Hati Singa.

Dan Ray memang memiliki beberapa kesamaan dengan “mentor” dalam manifesto pembunuh Norwegia, terutama bahwa kelompok anti-Islam yang dipimpinnya disebut Ordo Kuno dari Knights Templar.

Namun Ray menduga kelompok ini telah ada struktur formalnya, dan dia menolak untuk menyebutkan nama anggota atau menunjukkan berapa banyak anggotanya.

“Itu ide,” kata Ray. “Ini tidak seperti itu organisasi besar. Ini sebuah keyakinan.”

Ray sendiri membantah dia menyetujui metode Breivik, yang termasuk membunuh orang tak bersalah untuk menarik perhatian filsafatnya.

Ray mengatakan Breivik tampaknya telah mengambil beberapa ide dan menggunakannya sebagai pembenaran untuk membunuh. “Ini semakin buruk. Ini benar-benar menunjuk pada kami.”

Koneksi dugaan antara Ray dan “mentor” yang dikutip oleh Breivik pertama kali diperlihatkan kepada AP oleh Stephen Lennon, pemimpin kelompok sayap kanan di Inggris, Liga Pertahanan Inggris. Ray, yang memisahkan diri dari kelompok itu beberapa tahun lalu, tegas membantah koneksi tersebut.

Seorang pejabat intelijen Eropa mengatakan hari Kamis bahwa peneliti mulai meragukan keberadaan seorang mentor tunggal, setidaknya dalam cara Breivik menjelaskan dalam tulisan-tulisannya, dan sekarang percaya Breivik mungkin memiliki beberapa orang dalam pikirannya.

Ray mengatakan kelompoknya dibentuk dalam menanggapi “Muslim di (Inggris) yang mencoba untuk mengambil alih negara. “Janganlah berpura-pura hal itu tidak terjadi.Mereka secara aktif menyatakan visi mereka untuk mengambil alih negara kita.”

“Saya menjadi seorang Kristen, saya melihat ke arah Templar sepanjang sejarah dan bagaimana mereka telah membela kami dari jihad,” katanya.

Era abad pertengahan Ksatria Templar adalah sebuah ordo militer Kristen yang didirikan di abad ke-12 awal yang anggota-anggotanya mengenakan mantel putih dengan salib merah, menjadi salah satu kekuatan tempur yang paling hebat pada masa Perang Salib.

Ksatria Templar modern memiliki pengaruh luas di seluruh Eropa dalam keyakinan anti Islam mereka. Front Nasional Perancis, Partai Kebebasan Austria, Partai Kebebasan Belanda semuanya memiliki pesan xenophobia yang telah menarik dukungan yang tumbuh dalam masyarakat utama.

Ray mengatakan ia lari Inggris dua tahun lalu setelah ditangkap karena tuduhan kebencian rasial, dan menetap di Malta – sebuah pulau di mana kelompok yang berbeda dari Tentara Salib, para Knights Hospitalier, bertahan dari pengepungan selama tiga tahun oleh kekhalifahan Utsmanidi abad ke-16.

“Itu fakta bersejarah ketika kami kembali ke Knights templar, mereka semua pergi ke Tanah Suci,” kata Ray. “Kami tidak perlu melakukan perjalanan ke Tanah Suci untuk melindungi Kristen karena Kristen diserang di negara kami sendiri.” (fq/ap)

http://www.eramuslim.com/berita/dunia/teroris-kristen-norwegia-terbukti-terkait-dengan-knight-templar-modern.htm

Komentar
  1. perbedaan itu ada untuk lebih merekatkan hubungan kita. cepat atau lama pasti kita semua akan mati, jadi tinggalkanlah yang terbaik selagi masih bernafas. I Love Christian.., but i still believe in Jesus so i should to love my partner beside me..!!