Bahaya Bagi si Malas Mandi

Posted: 01/06/2011 in Lain-lain

Berapa kali Anda mandi dalam sehari? Atau karena alasan buru-buru, udara dingin, mandi menjadi terasa membebankan. Sebaiknya hilangkan kebiasaan malas mandi karena ada banyak dampak buruk selain bau badan.

Mandi merupakan salah satu kegiatan yang berguna untuk membersihkan kotoran yang melekat di tubuh. Hal yang terlintas di pikiran seseorang adalah badan yang kotor, bau dan dijauhkan dari lingkungan sosial seperti anggota keluarga atau teman-temannya. Tapi ada keprihatinan yang lebih serius mengenai hal ini yaitu berhubungan dengan berbagai masalah kesehatan.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Rabu (19/5/2010) orang yang tidak mandi kemungkinan akan merasa gatal dan banyak kotoran yang melekat di tubuh, hal ini tentu saja meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi.

Banyak orang tidak menyadari, tubuh manusia rata-rata ditutupi oleh sekitar 2 meter kulit yang mengandung 2,6 juta kelenjar keringat yang selalu berkeringat. Selain kelenjar keringat, kulit juga ditumbuhi oleh ribuan rambut-rambut kecil dan halus.

Terdapat dua jenis kelenjar keringat yang ada di seluruh tubuh yaitu eccrine dan apocrine. Keringat yang keluar dari apocrine mengandung protein dan asam lemak yang membuat sesuatu menjadi menebal dan berwarna susu kekuning-kuningan. Kondisi ini juga yang menyebabkan noda di ketiak berwarna kuning. Sehingga jika seseorang tidak mandi, maka lapisan kotoran akan semakin menebal dan membuat kotoran sulit keluar dari tubuh.

Selain itu, orang yang tidak mandi beberapa hari akan menimbulkan bau yang disebabkan oleh bercampurnya antara bakteri dan rambut di kulit dengan hasil metabolisme berupa protein dan asam lemak. Akibat rambut yang melekat lengket oleh keringat akan membuat tubuh lebih kotor daripada biasanya.

Kuman dan mikroorganisme lain yang berada di kulit akan sangat mudah berkembang biak dengan kondisi tubuh yang lembab. Hal ini bisa menjadi ancaman utama jika kuman tersebut tetap menempel di permukaan kulit, sehingga memudahkan seseorang menderita gatal-gatal atau kurap.

Namun jika kondisi ini lebih parah daripada sekedar gatal-gatal seperti adanya mikroorganisme staphylococcus, maka bisa berakibat fatal terutama jika mikroorganisme ini mencapai aliran darah. Meskipun hal ini sangat jarang terjadi.

Karenanya mandi merupakan salah satu kegiatan yang berguna untuk menjaga kebersihan seseorang. Selain itu ada juga beberapa manfaat kesehatan dari kegiatan mandi ini, yaitu:

Mandi memberikan bantuan energi bagi tubuh.
Air gelombang yang jatuh ke kulit bisa mengeluarkan ion negatif dari tubuh dan menggantinya dengan ion positif yang lebih bermanfaat bagi tubuh.

Mandi bisa berguna sebagai detoksifikasi tubuh.
Tubuh manusia mengandung banyak racun yang berasal dari pestisida makanan atau air yang dikonsumsi. Racun ini tidak akan bisa keluar dari tubuh jika pori-pori kulit tersumbat lemak, minyak atau bahan kimia lain. Dengan mandi, maka senyawa yang menutupi pori-pori kulit akan hilang dan racun ditubuh bisa keluar melalui keringat.

Mandi bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks
Pantulan air yang jatuh ke kulit bisa menimbulkan sensasi rileksasi, kondisi ini efektif untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental. Selain itu sebagai langkah yang efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan.

(Detikhealth.com)

http://jihadsabili.wordpress.com/2011/01/06/bahaya-bagi-si-malas-mandi/#comment-215

Iklan
Komentar
  1. hendrabudianto berkata:

    assalamu’alaikum. numpang namu lagi ya mas, mudah2an gak bosen he he. Bicara soal mandi, saya sebenernya agak kurang teratur lho mas, soalnya saya sering sampe dirumah itu malam hari trus karena sudah malam ditambah udaranya dingin (karena dirumah saya klo malem udaranya dingin) saya biasanya nggak mandi. Paling saya hanya cuci muka, kaki dan tangan aja. Gimana baiknya ya mas?

  2. rafaqo berkata:

    wa’alaikum salam….
    klo saya si di usahakan mandi…klo dah malam …masak air…mandi deh dengan air hangat…
    biar nanti pas tidurnya enak….
    tergantung kondisi jg si…klo emang dah malem…badan lelah…ya udah subuhnye aj mandi..

  3. akhmad fauzi berkata:

    waduh aku kena nich….padahal pulang dari sekolahan jam 8 malam karena ada banyak kerjaan yang harus selesai pulang langsung OL …mau mandi muales dingin juga….

  4. rafaqo berkata:

    @akhmad fauzi
    sebelum OL mandu dulu pakai air hangat….biar OL nya seger…he he he 😉
    makasih dah mampir……

  5. kangazzet berkata:

    Alhamdulillah, tulisan ini bermanfaat sekali, Mas. Jika kita rajin mandi tentu badan kita akan bersih dan jiwa pun menjadi bersemangat. Membaca tulisan ini, saya menjadi teringat kebiasaan ayah dan ibu, setahu saya tidak pernah beliau luput dari mandi dahulu sebelum shalat Shubuh. Alhamdulillah, tampaknya beliau selalu sehat dan bersemangat. Semoga kita yang muda ini bisa mencontoh ya… Nice posting, Mas!

  6. rafaqo berkata:

    Ya kangazzet….
    smoga kita yang muda bisa mencontoh hal2 baik dari orang tua kita….

  7. Fatra berkata:

    Wah,, Saya jadi takut nech bau badan gan, soalnya saya paling males yg namanya mandi, cuman kalo mau ke kampus baru saya mandi, kalo libur mesti mandi juga saya liburkan. 🙂

    • rafaqo berkata:

      rajinlah mandi agar g bau badan….he he he…yg sering mandi aj kadang bau badan..klo libur semester gmana???bisa 2 bulan g mandi dong….he he he